Jumat, 01 Juli 2011

3 Hal Salah Yang Sering Dilakukan Pada Saat Khotbah Berlangsung ( Sholat Jum'at )

Sholat berjamaah
Seperti biasa pada hari Jum'at saya selalu pergi ke mesjid tepatnya pukul 12.00 WIB untuk melaksanakan sholat Jum'at yang wajib dilaksanakan bagi kaum laki-laki muslim.Dan seperti biasa pula sebelum sholat Jum'at dimulai khatib pun memberikan khotbah.


Biasanya saat khotbah kita diwajibkan memperhatikan khatib sampai khotbah selesai.Namun setiap minggu saya sholat Jum'at saya selalu melihat beberapa hal yang janggal yang sering saya lihat pada saat khotbah berlangsung.Dan kebanyakan hal-hal tersebut tidak boleh dilakukan pada saat mendengarkan khatib berkhotbah.walau salah tapi sikap tersebut masih saja dilakukan dan sudah menjadi kebiasaan.berikut 3 hal salah yang sering dilakukan pada saat khotbah berlangsung:
1.Tidur.
Kita diwajibkan oleh Rasul kita agar kita selalu mendengar dan memperhatikan khatib berkhotbah sampai khotbah selesai.tapi apa kenyataannya.saya sering melihat para jamaah yang tertidur saat khotbah berlangsung.memang pada saat itu sebagian dari kita ada yang lelah tapi kalau hal tersebut terus dilakukan maka sholat jumat kita akan sia-sia dan kita pun tidak mendapatkan pahala untuk sholat jumat tersebut.
2.Bermain.
Yang saya maksudkan disini bukan bermain yang sering dilakukan oleh anak-anak.tapi yang saya maksudkan disini adalah memainkan suatu benda saat khotbah berlangsung seperti memainkan karpet atau memainkan yang lainnya.bahkan Rasul melarang jamaah yang memainkan tasbih pada saat khotbah berlangsung.
3.Berbicara.
Sebagian dari kita mungkin tidak menyadari bahwa berbicara dalam khotbah itu dilarang.akibat dari hal itu sholat jumat kita akan sia-sia.


Jadi intinya pada saat khotbah berlangsung kita harus memperhatikan khatib berkhotbah sampai selesai.mudah-mudahan kebiasaan buruk ini bisa hilang dari kita.

6 komentar:

  1. mungkin yang paling sering bermain yh, khususnya anak, tapi mau gimana lagi namanya juga anak2, yang penting di kasih tahu pelan2

    BalasHapus
  2. Yah itu lah susahnya. Kadang saya juga masih suka main. Nyoba buat ga bicara n ribut. Palah temen dateng nyapa, ngajak ngobrol.
    Kalo ga balas palah dibilang sombong

    BalasHapus
  3. Paling sering ketiduran pas khotbah, padahal gak boleh >.<

    BalasHapus
  4. @Rizkyzone:betul Mas.tapi lebih baik dengan bahasa isyarat.
    @Yunan:sama Mas.saya juga kayak gitu.
    @Joko winarto:iya deh.
    @iam:memang iya Mas pas dengar khotbah bikin kita ngantuk.

    BalasHapus